Sunday 30 October 2016

3 Langkah Menambahkan Kotak atau Mesin Pencarian pada Blog

Cara mudah menambahkan mesin pencarian pada blog - Selamat pagi sobat blogger, bagi sobat yang baru bergabung dengan dunia blogging ada banyak cara yang harus sobat ketahui dalam memodifikasi tampilan blog sobat untuk mempercantik. Salah satu trik yang harus sobat ketahui adalah penggunaan atau penerapan mesin kotak pencarian blog.

Kegunaan Kotak Pencarian Blog

Kotak (mesin) pencarian sangatlah berguna untuk pengunjung blog sobat untuk mempermudah postingan yang sudah di posting di blog sobat. so, hal ini juga akan berfungsi memperlama pengunjung untuk berkunjung di blog sobat.
 Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Gambar Tang atau Obeng pada Blogger 

Cara menampilkan mesin (Kotak) Pencarian

ada dua cara yang saya ketahui dalam menambahkan mesin kotak pencarian di blog yang pertama menggunakan javascript dan yang kedua menggunakan widget penelusuran.

1. Menggunakan JavaScript

Pertama login akun blogmu, terus pilih Tata Letak, terus klik Tambahkan Gadget, Pilih HTML/JavaScript.
<form action="http://nama-blogmu.blogspot.com/search"
method="get"> <input class="textinput" name="q" size="30" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>
Kalau sudah klik Simpan. 

catatan Variasi mesin pencarian

Ganti tulisan "nama-blogmu (tulisan berwarna merah)" dengan link sobat, dan "30 (tulisan berwarna biru)" dengan panjang lebar yang sobat kehendaki.

Hasinya alkan seperti ini sobat

cara mudah dan cepat mendapatkan mesin pencarian pada blog



2. dengan menggunakan widget penelurusuran

caranya hampir sama dengan yang pertama namun ini lebih mudah karena tidak perlu untuk copy paste kode html. cukup sobatn ke halaman Pada Tata Letak, kita tambahkan widget Kotak Penelusuran.

Cukup sekian tulisan kami mengenai cara menambahkan mesin pencarian pada blog dengan mudah dan tepat semoga dapat bermanfaat bagi sobat dan menambah wawasan mengenai blogging.

2 komentar

Silahkan Komentar di Website kami
EmoticonEmoticon